Minggu, 09 September 2012

Sejarah Benakat Sepanjang Zaman 10


Pada th, 1425.M. MUHAMMAD YAIKUP TANDING SAKTI meninggal dunia, dan ia digantikan oleh anaknya yang benama : MUHAMMAD RASYID SYAH ALAM.
Pada th. 1317.M. Salah seorang murid SYEKH ANGKASA IBRAHIM PAPA yang bernama “ HAMBALI ARIA BUMI “, mulai memerintah serta menguasai KUTE “ PANANG ” ( sekarang termasuk kecamatan Tanjung Agung ),diceritakan bahwa HAMBALI ARIA BUMI beristerikan seorang puteri yang bernama “HABSAH“ yang berasal dari KUTE “DARESELAM” dan dari perkawinan itu mereka mendapat seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan ialah sbb :
1 . GAZALI SURYA ALAM
2 . PUTERI INDAH SERUNI

diceritakan bahwa PUTERI INDAH SRUNI sangat terkenal karena kecantikannya yang membikin hati bergetar setiap mata memandangnya.
Dalam th. 1421 M. HAMBALI ARIA BUMI meninggal dunia, setelah ia meninggal dunia maka KUTE PANANG dikuasai oleh anaknya yang bernama : GAZALI SURYA ALAM, sedangkan mengenai adiknya yang bernama PUTERI INDAH SERUNI diceritakan bahwa menetap dan bersuami ke GRESIK-PULAU JAWA.

Sedangkan mengenai GAZALI SURYA ALAM dia beristrikan seorang puteri yang berasal dari KUTE TANJUNGAN KAMAN ( Sekarang terkenal dengan nama Dusun Tanjung Raman ) warga TPP.Buburan, kecamatan kota Muara Enim, yang bernama “ KURAISIN “ dan dari hasil perkaminan itu mereka mendapat dua orang anak laki-laki sbb :
1. MUHAMMAD FAISOL PRABU ALAM.
2. MUHAMMAD FAQIN AGUNG ANOM.

Pada th.1467 M seorang pemuda yang bernama : ABDULLAH RATU ANGKASA yang datang berasal dari Pulau jawa berkunjung ke KUTE NAKAT yang pada waktu itu KUTE NAKAT dikuasai oleh anak tunggal MUHAMMAD ISYA yang bernama ABDUL SOMAD SAKTI DALAM atau ia juga terkenal dengan nama : SHOLEH AMBAR .
Setelahnya MUHAMMAD ISYA meninggal dunia maka dalam th.2503.M. ABDUL SOMAD SAKTI DALAM atau SHOLEH AMBAR meninggal dunia, diceritakan selanjutnya bahwa ABDULLAH RATU ANGKASA pernah mengenbara masuk berkunjung ke KUTE BABATAN (sekarang terkenal dengan nama dusun MUARA GULA, marga TPP Bubung, kecamatan Kota MUARA ENIM )dan pada th. 1488.M. ABDULLAH RATU ANGKASA beristerikan seorang Puteri yang bernama “ HALIMAH “, anak tunggal seorang Ulama Islam yang berasal dari KUTE TANJUNGAN KAMAN (sekarang terkenal dengan Nama Dusun Tanjung Raman, Marga TPP.Bubung. Kecamatan Kota Muara Enim ), dan dari perkawinan itu mereka mendapat seorang anak laki-laki dan seroang anak perempuan ialah sbb :

1. MUHAMMAD SOLIKHIN
2. SABIAH dan SALBIAH terkenal pula dengan kecantikannya

Diceritakan bahwa dalam rangka penyebaran serta pengembangan Agama Islam,ABDULLAH RATU ANGKASA pernah bersama-sama dengan MUHAMMAD ISYA RATU ANOM mengembara mencari tempat menetap untuk kepentingan ABDULLAH RATU ANGKASA, selanjutnya tersebutlah cerita bahwa pada sebuah Hutan rimba belantara kedua orang Ulama tersebut singgahlah, serta meneliti Hutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar